Saturday 12 September 2015

SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PRAKTIKUM DI PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FT.UNPAS

 SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PRAKTIKUM DI PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FT.UNPAS
123010075 – ENDANG HIDAYAT

       1.       Deskripsi Sistem Informasi Pendaftaran Praktikum
Laboratorium Program Studi Teknik Industri dalam hal ini merupakan salah satu bentuk organisasi yang memiliki tugas mengelola dan meyediakan berbagai kebutuhan demi jalannya serta kelancaran kegiatan praktikum. Salah satu kegiatan yang dilakukan di Laboratorium Program Studi Teknik Industri itu sendiri adalah administrasi untuk pengelolaan pendaftaran praktikum bagi mahasiswa Program Studi Teknik Industri.
Untuk memudahkan dalam kegiatan administrasi tersebut, khususnya untuk pendaftaran praktikum diperlukan sistem informasi yang baik, sehingga dalam kegiatan administrasi tersebut dapat mengurangi kendala-kendala seperti kesulitan untuk mendapatkan informasi yang disebabkan data yang dibutuhkan tidak tersimpan dengan baik bahkan mungkin ada sebagian data yang dibutuhkan tersebut hilang atau rusak sehingga hal ini menyulitkan pihak manajemen untuk mengambil keputusan.
SSC (Student Services Center) merupakan fasilitas yang disediakan oleh Universitas Pasundan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan akademik perkuliahan salah satunya dalam sistem pendaftaran praktikum. Sehingga dapat memberikan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan, salah satunya adalah koordinator laboratorium. Koordinator laboratorium sebagai pengambil keputusan memerlukan informasi untuk menentukan keputusan apa yang harus diambil, informasi untuk menentukan keputusan apa yang harus diambil, informasi yang dibutuhkan tersebut tidaklah sedikit melainkan cukup kompleks dan membutuhkan pengolahan yang cukup lama hingga informasi tersebut menjadi informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh pihak manajemen dan bisa dijadikan sebagai landasan untuk pengambilan keputusan. Untuk mendukung pengambilan keputusan tersebut maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat memberikan informasi secara cepat dan akurat.

     2.       Identifikasi Kebutuhan Data dan Informasi dari Sistem Informasi Pendaftaran Praktikum
Tabel 1 Kebutuhan Data dan Informasi
No
Data
Informasi
1
Fotocopy KRS
Bukti telah kontrak praktikum
2
Identitas Mahasiswa
Bukti Pendaftaran Praktikum,
Daftar Seluruh Peserta Praktikum
3
Nama Praktikum yang akan diambil
Bukti Pendaftaran Praktikum,
Daftar Peserta Praktikum Per-Laboratorium,
Daftar Seluruh Peserta Praktikum.
4
Uang Pembayaran
Bukti Pendaftaran Praktikum,
Rekap Uang Pemasukkan Praktikum

       3.       Node Index
A.0  Proses Pendaftaran Praktikum
A.1  Pengecekan dan Penerimaan Data
A.1.1 Pengecekan KRS
A.1.2 Menerima Data Identitas Mahasiswa
A.1.3 Menerima Daftar praktikum yang akan diambil
A.2  Merekam Data
A.3  Penerimaan Biaya Pendaftaran Praktikum
A.3.1 Pengecekan Biaya Pendaftaran
A.3.2 Input Biaya Pendaftaran
A.4  Pencetakan Struk dan Pembuatan Laporan
A.4.1 Pencentakan Struk Bukti Pembayaran Praktikum
A.4.2 Pembuatan Laporan Daftar Peserta Praktikum Per-laboratorium
A.4.3 Pembuatan Laporan Daftar Seluruh Peserta Praktikum
A.4.4 Pembuatan Laporan Pemasukkan Uang Pendaftaran Praktikum




       4.       Tabel ICOM
Tabel 2 I-C-O-M

Input
Control
Output
Mechanism
Fotocopy KRS
SOP
Data Kontrak Praktikum
SSC,
Administrasi SSC

Identitas Mahasiswa
SOP
Data Mahasiswa Pendaftar Praktikum, Bukti Pendaftaran Praktikum
SSC,
Administrasi SSC,
Komputer
Koordinator Asisten Laboratorium
Laporan Daftar Peserta Praktikum Per-laboratorium
SSC,
Administrasi SSC,
Komputer
Koordinator Laboratorium
Laporan Daftar Seluruh Peserta Praktikum
SSC,
Administrasi SSC,
Komputer
Nama Praktikum yang akan diambil
SOP
Data Pendaftar
Praktikum
SSC,
Administrasi SSC,
Komputer
Uang Pembayaran
Praktikum
Koordinator Laboratorium
Bukti Penbayaran Praktikum,
Laporan Pemasukkan Uang Pendaftaran Praktikum
SSC,
Administrasi SSC,
Komputer

        5.         IDEF0
Gambar 1 Gambar Idef0 Level 0


Gambar 2 Gambar Idef0 Level 1

Gambar 3 Gambar Idef0 Level 2

Gambar 4 Gambar Idef0 Level 2

Gambar 5 Gambar Idef0 Level 2

       6.       Flow diagram sistem (Flowmap)
Tabel 3 Flowmap


       7.       DFD/DAD level 0 (konseptual diagram)


Gambar 3 DFD Level0



Tugas Mata Kuliah : Sistem Informasi Manajemen (SIM) 
Dosen                      : Yogi Yogaswara, Ir., MT.

SEMOGA BERMANFAAT DAN DAPAT BERBAGI ILMU
Jangan lupa komentar netizen, karena setiap langkah dan derap kehidupan manusia yang baik selalu meninggalkan jejak yang baik pula.









1 comment:

  1. boleh lihat penyelesaian kasus SIM praktikum keseluruhan ny?

    ReplyDelete